Blogger Widgets This My World: Tips & Trik
Welcome To My World...

Rabu, 09 Juli 2014

Tips & Trik




           haii!! salah satu postingan yang wajib ditulis para peserta APLINET adalah Tips dan Trik yang di dapat selama kegiatan Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi (PATI). Berhubung kegiatan ini baru berlangsung selama 2 hari, belum banyak yang saya dapatkan. Yuk cek apa saja Tips & Trik yang sudah saya dapat di kegiatan PATI ---->



Hari Pertama

          Hari pertama, saya mendapat banyak informasi dari kegiatan PATI. Antara lain Search engine, browser, etika berinternet serta tips dan trik yang bisa digunakan untuk mempermudah pencarian data yang kita inginkan. Untuk lebih memahami, berikut akan saya jabarkan satu per satu.

Search Engine
          Search Engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Terdapat ratusan bahkan ribuan mesin pencari yang ada di internet, dan kapasitas mesin tersebut akan selalu tumbuh dari waktu ke waktu.beberapa search engine yang terkenal adalah Google, Yahoo, MSN, AOL, Baidu, Bing, dan Ask.

Browser
         Software yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber di Internet. Seperti hal nya search engine, perusahaan internet berlomba-lomba menciptakan sebuah browser yang dapat dikenal oleh masyarakat luas. Beberapa browser yang dapat kita nikmati, seperti Mozilla Firefox, Netscape Navigator, Opera, danGoogle Chrome,Avant browser, Safari dan Flock. 

Etika Berinternet atau Nettique
          Internet dikenal sebagai komunitas yang tidak mengenal aturan. Dalam internet semua orang berhak bertindak, berinisiatif, berkreasi apa saja tanpa ada yang melarang dan menentang. Internet bersifat bebas ! Namun meskipun bersifat bebas dan terbuka, ternyata berinternet juga memiliki batasan-batasan yang musti kita perhatikan. Batasan-batasan atau etika tersebut berupa tata tertib berinternet yang sering disebut Nettiquette. Berikut beberapa etika yang wajib dilakukan ketika berinternet :
  • Perlakukan e-mail secara pribadi.
  • Jangan membicarakan orang lain.
  • Jangan gunakan huruf kapital.
  • Jangan terlalu banyak mengutip.
  • Jangan gunakan CC.
  • Jangan gunakan format HTML.
  • Jawablah secara masuk akal.
  • Gunakan singkatan yang sudah lazim digunakan, untuk efisiensi penggunaan kata.

Tips dan Trik dalam menggunakan search engine
  • Dalam pencarian data, biasanya kita menginginkan tipe-tipe data tertentu. Hal ini dapat diatasi dengan mengetikkan keyword yang ingin dicari kemudian tambahkan "filetype: (tipe yang diinginkan)" . Contoh : "Teknologi masa kini filetype: doc" lalu enter, maka akan muncul pencarian dalam bentuk dokumen. Agar lebih jelas perhatikan gambar berikut


  • pencarian data pada situs tertentu juga dapat dilalukan dengan menambahkan "site:(situs yang dicari)". Sebagai contoh yaitu "Teknologi masa kini site: kompas.com" lalu akan muncul berbagai artikel terkait yang berasal dari situs kompas.com . agar lebih jelas perhatikan gambar berikut.



Hari Kedua

          di hari kedua kami mendapatkan materi mengenai google drive, tutorial singkat mengenai blog, dan webmail UMM. Seharusnya materi tentang blog akan dipelajari pada hari ke tiga, namun dikarenakan hari rabu adalah hari dimana pemilu pilpres 2014 berlangsung, maka kegiatan PATI ditiadakan atau diliburkan. dengan kata lain instruktur kami memadatkan penjelasan materi. sebelum nya, saya akan menjabarkan satu per satu

Google Drive
          Google Drive adalah layanan penyimpanan daring milik google yang diluncurkan pada 24 april 2012. Layanan ini merupakan ekstensi dari Google Docs dan akan mengganti URL docs.google.com dengan drive.google.com setelah diaktifkan. Google Drive memberikan layanan penyimpanan gratis sebesar 5 GB dan dapat ditambahkan dengan pembayaran tertentu. Dengan fitur unggulan yang sama seperti Dropbox, yaitu sinkronisasi data melalui folder khusus di dalam desktop atau lebih dikenal dengan Desktop Sync Clients. GDrive memberikan kapasitas gratis sebesar 5 GB dan tentunya fitur-fitur yang terintegrasi dengan layanan Google lainnya seperti: Gmail, G+ dan Google Search. Fitur yang bisa digaris bawahi dari GDrive adalah API’s untuk para Developer. Hingga kini GDrive telah terhubung dengan puluhan aplikasi pihak ketiga.


Tutorian membuat blog
1. buka browser > ketik alamat www.blogger.com
2. kemudian masukan alamat gmail anda, jika belum punya klik saja buat akun
3. sekarang anda sudah masuk di blogger.
4. silahkan pilih Blog baru

5. isilah judul ,alamat dan pilih salah satu tema

6. Lanjutkan dengan klik tombol “Buat blog”
7. samapai tahap ini blog yang sudah selesai kini anda bisa membuat posting tentang deskripsi mapun tutorial

8. Klik tulisan"pilih membuat konten dan navigasi dashboard"
9. sekarang beri judul posting anda dan mulailah memberi isi posting 

10. jika semua sudah selesai tinggal pilih publikasikan otomatis semua akan tersimpan dan kini anda mempunyai blog untuk dapat di baca orang lain =)
11.selamat menikmati :D


Webmail UMM
          E-mail UMM adalah fasilitas "webmail" yang disediakan oleh UMM. Layanan ini hanya dapat diakses oleh Mahasiswa/Dosen Universitas Muhammadiyah Malang yang memiliki username dan password khusus. untuk menuju webmail UMM, Mahasiswa/Dosen dapat mengetikkan "http://webmail.umm.ac.id" pada kolom URL. Gambar berikut adalah tampilan awal webmail UMM.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar